TALENTAKU

Cewek lagi!!!!! 
Dia adalah seorang gadis cantik bernama Jennifer Bricker.  Sejak kecil, beragam piala diraihnya karena  kelincahannya dalam bidang olahraga.  Ia seorang olahragawan basket, bola voli dan akrobat udara.  Ia sangat suka dengan olahraga senam.  Tahukah kamu, Teens, siapakah Jennifer Bricker ini?  Dia adalah seorang gadis yang sejak lahir dilahirkan tanpa kaki.  Tubuhnya hanya separuh, tetapi ia tidak KEHILANGAN SEMANGAT untuk meraih mimpinya.  Ia jauh dari rasa rendah diri.
Teens, setiap orang dianugerahi talenta.  Penganugerahan itu bukan karena kita cakap, bukan karena fisik kita baik, bukan pula karena kita berasa dari keluarga mampu.  Talenta dianugerahkan kepada setiap manusia karena Allah mengasihi dan menciptakan manusia untuk tujuan yang mulia.  Tujuan mulia itu adalah agar kita memuliakan Tuhan Allah dalam seluruh kehidupan kita.  Salah satunya adalah dengan talenta yang kita miliki.  So…  karena talenta itu adalah pemberian Tuhan Allah dalam hidup kita, apa yang harus kita lakukan?
Bersyurkur atas Orangtuamu…
Teens, Jennifer Bricker tidak serta merta tahu bahwa bakat olahraga ada pada dirinya.  Saat Jennifer masih kecil, ia amat menyukai tayangan olahraga di TV.  Ia BERMIMPI bisa menjadi salah satu olahragawan.  Mungkin orang bisa saja tertawa, “Hah…  yang benar aja, badan cuman setengah tanpa kaki, mau jadi olahragawan?”  Namun Jennifer mempunyai orangtua yang hebat.  Pasangan Bricker membesarkan Jennifer seperti mereka membesarkan ketiga  anak laki-lakinya yang mempunyai anggota tubuh yang utuh dan lengkap.  Tidak ada kata TIDAK BISA dalam kamus orangtua Jennifer.   Semangat inilah yang tertanam dalam diri Jennifer Bricker.
Orangtua Jennifer sangat berperan besar dalam menemukan talenta Jennifer.  Bisakah kamu membayangkan, jika orangtuanya tidak peduli, mungkin Jennifer tidak menjadi olahragawan yang hebat.  Orangtua memiliki peranan yang penting bagi penemuan talenta di dalam diri kita. 
Orangtua kita bagaikan seorang pahlawan yang sedang merentangkan busur dan siap mengarahkan anak panah tepat pada sasaran.  Siapa yang menjadi anak panah?  Kitalah anak panahnya.  Hal ini seperti yang dikatakan di dalam Mazmur 127.  Namun sehebat-hebatnya pahlawan itu merentangkan busur, tanpa anugerah dan pertolongan Tuhan, semuanya menjadi tidak bermakna.  Untuk itu bersyukurlah karena orangtua kita turut menggali dan menolong kita menemukan apa yang menjadi talenta kita.  Tetapi bagaimana dengan saya yang tidak mempunyai orangtua?  Orangtua saya tidak mengurusi saya, saya hidup bersama om, tante, oma dan opa.  Lalu bagaimana saya bisa menemukan talenta saya?  Ssstt… Teens, tahukan kamu siapa pasangan Bricker dalam hidup Jennifer Bricker?  Bapak dan Ibu Bricker bukan orangtua kandungnya, saudara juga bukan!  Waktu itu Jennifer hampir saja dibuang oleh orangtua kandungnya.  Mereka tidak mampu membesarkan Jennifer yang sudah terlahir tidak lengkap.  Akhirnya datanglah pasangan suami istri Sharon dan Gerald Bricker.  Mereka bersedia mengangkat Jennifer menjadi anak mereka.
Teens, ternyata yang dimaksud orangtua bukan hanya orangtua kandung lho…  tetapi siapa pun orang-orang yang ada di sekitarmu yang memerankan fungsi orangtua dalam hidupmu.   Bersyukulah atas kehadiran mereka, sebab merekalah para pahlawan yang saat ini sedang merentangkan busur dan menembak titik sasaran itu dengan anak panah.  Tanpa peran serta mereka, kita mungkin tidak menemukan apa yang menjadi talenta kita.  Dan ingatlah bahwa kehadiran mereka pasti atas kehendak dan rencana Tuhan.
Kembangkan…
Apa ruginya jika talenta yang kita punyai tidak kita kembangkan?  Misalnya, talenta kita bermain musik, tetapi kita malas untuk berlatih, enggan untuk menggunakannya, apa yang akan terjadi?  Tidak otomatis talenta itu akan hilang dari kita.  Tapi mungkin kemahiran kita menjadi sangat terbatas.   Jika kemahiran kita terbatas karena memang kita tidak mempunyai kemampuan di bidan musik sih tidak apa-apa.  Tetapi sayang sekali jika kita tidak mahir bermain musik Cuma karena kita malas berlatih.
Teens, dalam perumpamaan tentang Talenta di Injil Matius 25:14-30, hal Kerajaan Surga diumpamakan seperti seorang tuan yang memercayakan hartanya kepada hamba-hambanya.  Kepada para hambanya, si tuan memberikan jumlah yang berbeda.  Namun sebenarnya hal yang utama adalah tidak terletak pada jumlah yang berbeda.   Fokusnya terletak pada kemauan untuk melakukan sesuatu.  Bukannya malah menyimpan atau tidak dikembangkan sama sekali.  Demikian pula halnya dalam kehidupan kita, Teens.  Ajakan yang sama pun diberikan kepada kita untuk mengembangkan talenta yang Tuhan anugerahkan kepada kita.  Bagaimana caranya?  Kita dapat mengasah kemampuan kita setiap hari .  Misalnya, talenta kita adalah menulis.  Mulailah dengan menyediakan waktu.  Ingat ya Teens, BUKAN MENYISIHKAN tetapi MENYEDIAKAN WAKTU.  Menyediakan waktu untuk menulis SETIAP HARI.  Tidak usah lama-lama.  15 menit saja sebab setiap hari pasti sudah cukup.  Tidak mudah memang untuk memaksa diri kita menyediakan waktu.  Tetapi saat kita berusaha, yakinlah Tuhan MENYERTAI kita.  Cuma dengan mau berusaha menyediakan waktu, kita sedang mempertanggungjawabkan talenta pemberian Tuhan kepada kita. 
Bermimpilah…
Teens, ada hal yang menarik dari seorang Jennifer Bricker.  Ia sangat mengidolakan olahragawan senam Dominique Moceanu.  Saat ia kecil, ia selalu MEMIMPIKAN menjadi seorang pesenam seperti Dominique.  Ia bahkan juga bermimpi bisa berjumpa dengan Dominique.  Hingga suatu saat ia diberitahu bahwa sebenarnya dirinya bukan bermarga Bricker, namun bermarga Moceanu.  Artinya, Jennifer dan Dominique bersaudara.  Mereka bukan hanya satu marga, namun mereka bahkan mempunyai orangtua yang sama.  Jennifer dapat berjumpa dengan Dominique bukan Cuma sebagai seorang atlet namun sebagai saudara kandung.
Jennifer BERANI untuk bermimpi.  Dia bukan orang yang tidak tahu diri.  Ia justru orang yang sangat tahu diri.  Bermimpi membuatnya terus berusaha meraih apa yang dia cita-citakan.  Teens, apa mimpimu berkaitan dengan talenta yang Tuhan berikan kepadamu?  Jika talentamu menulis, pernahkah  kamu membayangkan ada seorang yang mendekatimu lalu mengatakan, “Terima kasih ya … bukumu membuat saya lebih bersemangat menjalani hidup ini.”  Jika kita mendengar bahwa hasil tulisan kita ternyata memberi manfaat bagi orang-orang di sekitar kita, pastinya kita senang dan bangga.  Nah, Teens, apa mimpimu?  Ayo bermimpilah…  Mimpi akan menolongmu terus berkreasi dengan talenta yang Tuhan berikan kepadamu.  Kreasi dan imajinasi kita dalam mengembangkan talenta kita akan menolong kita untuk terus mengasah talenta yang kita miliki.   Saat kita terus bermimpi dan berkereasi dengan talenta yang kita miliki, saat itulah kita sedang dipercaya untuk bertanggung jawab dalam  hal yang lebih besar lagi.  Kayak yang dikatakan tuan kepada hamba-hamba yang setia mengembangkan talenta dalam Matius 25:14-30.  Kamu tentu mau dong, disebut sebagai hamba yang baik dan setia?  So…  bermimpilah…  berkreasilah…  dan kembangkan dirimu. 
Menjadi Inspirasi… 
Atas usah ketekunan dan kesetiaan yang dimiliki Jennifer Bricker, ia menjadi seorang akrobat udara yang andal.  Ia seorang  akrobat udara yang tidak kalah hebatnya dengan atlet lainnya yang mempunyai tubuh yang lengkap dan utuh.  Kehadiran Jennifer Bricker di dunia olahraga memberi angin segar bahwa bukan Cuma mereka yang beranggota tubuh lengkap dan utuh yang bisa menjadi olahraga yang andal..Dia menginspirasi banyak orang.  Teens, bukankah ini pula yang Tuhan mau dalam kehidupan kita?  Kehadiran kita menjadi berkat untuk orang-orang yang ada di sekitar kita.  Di dalam Matius 5:13-16, kita mendengar bahkan kita sudah hafal di luar kepala bahwa kita didorong untuk menjadi Garam dan Terang dunia.  Bagaimana kita mampu melakukannya?  Wajib menjadi pendeta terlebih dulu?  Wajib menjadi aktivis di dalam komisi remaja kita?
Menjadi garam dan terang dunia, tidak harus menjadi pendeta, aktivis gereja atau yang lainnya.  Cukup dengan menjadi Diri Sendiri, menjadi seperti yang di mau Tuhan Allah, maka kita sedang menjadi garam dan terang dunia.  Jika talenta kita ada di dalam bidang penelitian, baik itu penelitian secara biologi maupun kimiawi, maka biarlah penelitian-penelitian kita menjadi berkat untuk sesama kita.  Banyak lho Teens, remaja Indonesia yang kini memberi Inspirasi dalam dunia teknologi karena talenta penelitian yang mereka punyai.   Ada remaja Indonesia yang sukses menciptakan Cream kulit pelindung Matahari untuk para nelayan.  Tahukah kamu, Cream itu berasal dari mana?  Cream itu berasal dari salah satu anggota tubuh cumi-cumi.  Ada juga remaja Indonesia yang sukses menciptakan manfaat lain dari kulit durian sebagai satu sumber energi.
Bukan hanya mereka yang mampu menjadi inspirasi untuk orang-orang di sekitarnya, kamu juga Bisa kok, Teens.  Yang penting kamu mau mengembangkan talenta yang Tuhan berikan kepadamu dan terus mengasahnya.  Percayalah, Tuhan akan menyertai kamu dan kamu akan menjadi berkat untuk orang-orang yang ada di sekitarmu.
By:  Kartika Patricya, S.Si (Teolog)

BRAZIL KALAH LAGI … MENGAPA ???

Brazil kalah lagi di kandang sendiri!! Sungguh hal yang sangat memalukan karena di kandang sendiri apalagi di kandang lain. Jadi sehebat apa pun hebatnya manusia masih bisa kalah oleh hal lain!! Itulah yang namanya manusia. Brazil memang cuma manusia biasa, jadi bisa kalah! Kecuali Tuhan yang anti-kalah!! Brazil tetap akan dikenang sebagai Negara Bola dan tidak akan mati Walaupun sudah kalah besar bahkan di kandang sendiri. Memang kalah itu bukan akhir dan menang itu bukan segalanya. Tuhanlah Segalanya yang tetap ada untuk Brazil, Belanda, Jerman, Spanyol, Argentina, dll — negara-negara Kristen yang menyembah Yesus sebagai Dewa/Tuhan mereka … Forever and Ever!!

Sungguh mereka adalah Negara-Negara Superpower Bola di Dunia! Jadi Tuhan tetap Tuhan, manusia tetap manusia!! Namun banyak agama yang Tuhannya berwujud Manusia, tapi bukan m huruf kecil, namun M huruf besar!! Kristen punya Doktrin — Tuhan yang berwujud Orang! bukan yang lain. Kristen menyembah Tuhan yang berwujud Manusia bukan menyembah manusia sebagai tuhan. Karena Tuhan itu dari awalnya berwujud Orang!! Selamat untuk Belanda — negri penginjil dan Brazil — negri terinjil!! 3:0 ( Bapak, Putra, dan Roh Suci )

Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita( Pengantin dan Papi dan pula Anak ) menjadikan manusia menurut gambar  dan menurut rupa Kita ( bukan Aku tauhid ), supaya mereka berkuasa atas segala ikan yang di dalam laut dan segala unggas yang di udara dan segala binatang yang jinak dan seisi bumi dan segala binatang melata yang menjalar di tanah.” [Kej 1: 26]

Memang

kalah itu bukan akhir

dan

menang itu bukan segalanya.

14052653311368920470

abcnews.go.com

id.wikipedia.org   Van de Loosdrecht, penginjil Belanda-- Rasul Toraja

Van de Loosdrecht, penginjil Belanda– Rasul Toraja

 

 

 

 

Belum Dapat Kerja Setelah Lulus? Buka Usaha Yuk!

JAKARTA – Belum dapat kerja setelah lulus kuliah memang bikin bete, sudah bosan berdiam di rumah, belum lagi tekanan dari orang tua yang kerap menanyakan entah sudah ada panggilan atau belum.

Sambil menunggu panggilan kerja, bagaimana jika kamu membuka usaha sendir? Usahanya kecil-kecilan saja, yang penting ada kegiatan yang kamu lakukan di rumah. Jenis usahanya bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan finasial dan kebutuhan yang kamu perlukan.

Namun, bagaimana cara memulai usaha dengan modal pas-pasan dan baru lulus seperti kamu? Jangan kuatir, berikut tips mengawali bisnismu yang dikutip Her Campus, Jumat (14/10/2011);

1. Tuliskan rencana bisnismu.
Kebanyakan orang yang berbisnis kadang kurang teliti dengan keadaan keuangan mereka, untuk itu, rencana bisnis diperlukan untuk melihat arah usahamu. Pada rencana bisnismu, sertakan apakah kamu menjual barang atau jasamu, siapa pembeli, dan cari tau apa yang pembeli mau.

2. Sebutkan nama binismu.
Berikan nama pada produkmu, perlu banget kamu menyertakan nama produkmu di rencana bisnismu. Jika kamu menginginkan namamu untuk nama produkmu, itu sah-sah. Hindari nama-nama yang terkesan kekanak-kanakkan dan aneh-aneh, sebab nama produkmu merupakan cerminan bisnismu.

3. Daftarkan jenis usahamu.
Jika kamu sudah tentukan nama produkmu, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mendaftarkan proposal bisnismu sesuai dengan tipe bisnis tertentu. Tidak perlu terlalu resmi, kamu bisa mendaftarkan rancana bisnis di mana saja seperti di website-website tertentu. Siapa tahu rencana bisnismu menarik dan dilirik investor.

4. Buat rekening.
Perlu banget kamu buka satu rekening untuk bisnismu. Jangan campur uangmu dengan arus uang usahamu, soalnya nanti akan lebih sulit mengkalkulasi segalanya. Kalau bisnismu masih kecil sih mungkin masih bisa ditangani, namun tidak menutup kemungkinan bisnismu akan berkembang dan uang yang masuk ke rekening lebih banyak.

5. Promosi.
Promosi merupakan langkah penting untuk usahamu, kamu bisa melakukan promosi dimanapun dan kapanpun, bisa melaui brosur, atau poster. Tapi kalau enggak mau repot, via online pun sudah cukup.

6. Puaskan pelangganmu.
Hal ini merupakan langkah krusial, sebagai pebisnis muda, kepuasan pelanggan adalah yang paling utama, usahakan yang paling baik untuk kepuasan mereka. Jika mereka merasa senang dengan pelayananmu, kamu tidak perlu repot-repot promosi, mereka akan dengan senang hati merekomendasikan bisnismu.

7. Puaskan dirimu.
Hidup harus seimbang, usaha yang kamu kerahkan perlu banget untuk kamu apresiasi. Jika aliran uang sudah kamu kalkulasi, tidak ada salahnya kamu memberi hadiah terhadap dirimu sendiri dari sebagian keuntunganmu.
(rhs)

Source : kampus.okezone.com
 

Belum, Dapat, Kerja, Setelah, Lulus, Buka, Usaha , karir, kiat

 

 

Kalah-Menang yg Penting Sudah Ikut !!!

Gue ikut Lomba Blog utk Ancol, ikut lomba memang WAJIB diikuti, utk mengasah Kreativitas kita dlm hidup di dunia.  Soal kalah-menang itu sudah dipatok oleh Tuhan Yang Mahakuasa!!!  Yang kalah , jangan berkecil-hati, coba dan coba lagi… yg menang, jangan cepat puas diri, terus gali bakat kayak gali tambang emas!!!  Kawan2 inilah Blog sy yg diikut sertakan dlm lomba :  http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2012/02/17/ancol-bagaimana-cara-supaya-engkau-makin-jaya

Krisis Kreativitas

 

 

RINGKASAN :

 

Sangat disayangkan kebanyakan kita bersikap helpless, hanya bengong, protes, dan menggantungkan harapan akan datangx sebuah ide cerdas dr orang pintar dan para pemimpin.

 

Kreatifitas tdk selalu berarti terobosan besar, tetapi mencakup kehidupan & pekerjaan sehari2.  Misalx :

  • bgmn menembus pasar yg besar dg salesman yg terbatas ?
  • bgmn menghadapi kemacetan tanpa stres ?
  • bgmn hidup nyaman dg income pas-pasan ?
  • bgmn mengelola dokumen yg menumpuk shg mudah ditemukan ?
  • bgmn mencapai sasaran hidup dg efektif & efisien tanpa korupsi atau tindakan jahat.

Ketika akan menitu suatu jembatan kecil utk menaiki sampan, sy ragu2 krn titian jembatan yg sungguh kecil.  Dlm keragu-raguan ini, datanglah 2 anak kecil dg batang bambu yg panjang & langsung menjunjung tinggi bambu tsb, shg bisa difungsikan sbg pegangan sepanjang jembatan.   Bukankah ini kreatifitas yg sangat sederhana ?

Namun , mengapa di masy modern dg kecanggihan teknologi mutakhir begini, justru kita tdk memelihara kualitas & keyakinan “can do” yg demikian ?

Kreatifitas adl keyakinan & kemauan terus-terusan utk mendpt solusi agar hidup kita jd lebih baik.

Bukan sekadar produksi atau karya cipta artis saja, tetapi dihasilkan di setiap rumah tangga.

 

Selanjutx bisa dilihat di kompas e paper.

Source : Kompas Sabtu 22 Januari 2011 hal 33.

—///—

Krisis Kreativitas

 

 

 

 

Permudahlah Karirmu – Permudahlah Hidupmu !!!

Simplify Your Career – Simplify Your Life

 

RINGKASAN :

Durasi 24 jam sehari, tidak menyisakan waktu memadai utk diri sendiri & juga semua yg kita kasihi.  Tidak ada pilihan lain selain mencoba utk membuat hidup jadi lebih SIMPEL.

Permudahlah Karirmu – Permudahlah Hidupmu !!!

 

Selanjutx bisa dilihat di kompas e paper.

Source : Kompas Sabtu 22 Jan 2011 hal 37.

—///—

Permudahlah Karirmu – Permudahlah Hidupmu !!!