Enam Modal Utama Sukses

Ingin sukses dalam dunia bisnis?  Penuhi dulu syarat-syaratnya.  Rico S Halim, PENDIRI dan Pemimpin Dell Stores Indonesia ( DSI ), sebuah jaringan toko komputer khusus produk Dell di Indonesia MEMBAGIKAN Kiat yang BISA jadi Pegangan.  Banyak orang berbisnis terjebak dalam stereotip bahwa modal paling utama dalam berhisnis adalah DANA yang cukup.  Modal dana memang PENTING, tapi BUKAN satu-satunya.

ADA beberapa “MODAL” lain yang harus dipenuhi, yaitu:
1.    RASA TERTARIK.
Lebih membantu lagi jika rencana bisnisnya segaris dg hobi atau minat.  “Menjalani bisnis tidak boleh merasa terpaksa.  Syukur-syukur kalau sesuai hobi,” katanya.
2.    GIGIH DAN ULET.
Keduanya seperti dua sisi mata uang.  Dia harus dilakukan beriringan.  Apalagi sekarang setiap jenis bisnis banyak pemainnya.
3.    KUASAI BIDANG BISNIS.
Berbisnis komputer, misalnya, menurutnya akan jauh lebih terdukung jika (calon) pebisnis memahami dunia teknologi dan informatika (TI).  “ Termasuk di dalamnya mampu membangun media yang berbasis internet seperti web, blog, forum dsb,” ujar Rico.

4.    PEKA DAN INTUISI TAJAM.

Kekuatan, kepekaan, dan intuisi sangat penting, baik untuk menangkap peluang maupun menghindari masalah.  Dunia bisnis sering memperhadapkan para pelakunya pada situasi yang menuntut untuk membuat keputusan yang cepat dan tepat.  Pengalaman, kemampuan nalar, membaca situasi dan analisis juga penting.

5.    KREATIVITAS.

“ Tanpa kreativitas seseorang pebisnis hanya akan berjalan di tempat bahkan bisa tertinggal dan lama-lama merugi,” tuturnya.

6.    KEMAMPUAN MEMBACA SITUASI DAN MEMILIKI STRATEGI.

Pelaku bisnis yang tidak memiliki kemampuan membaca situasi dan tidak punya strategi akan segera ditinggal oleh para pesaingnya. (wip)

Source:  Warta Kota Sabtu 20 Feb 10 hal. 23

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s