JEHOVAH JIREH — Nama Tuhannya Nabi Ibrahim

charischristiancenter.com

 

 

Tuhan mempunyai Nama. Nama Tuhan yang disembah oleh orang Yahudi adalah Yehuwa Yireh. Artinya adalah Yehuwa akan menyediakan. Jadi aku sudah posting arti “YHWH”. Saya ingin Anda tahu secara detil menyangkut nama, Yireh. Kata ini dibagi 2 bagian. Menyediakan (Provides), adalah kata dari Yireh/ Jireh didefinisikan seperti ini pro artinya pertama dan -vides berarti melihat. Jadi arti harfiahnya adalah melihat sebelumnya.

Betapa nikmatnya itu untuk mengenal bahwa Tuhan tidak hanya melihat sebelum apa yg akan terjadi nanti, namun buat mereka yg percaya kepada-Nya, Dia menyediakan segala sesuatu yg dibutuhkan. Itulah Tuhan Yehuwa Penyedia.

Kejadian 22 di dlm Alkitab Kristen memberitakan tentang nama ini dg lengkap. Saat Tuhan menyuruh Pak Ibrahim untuk mengambil Issac putranya ke Gunung Moria untuk dijadikan kurban kepada Tuhan. Anda wajib membaca Kejadian 22 . Di situ dikatakan bahwa Abraham percaya kepada Tuhan BANGET !!! Dan nabi Ibrahim berkata bahwa Tuhan yg akan menyediakan anak domba. Padahal tidak ada anak domba yg dibawanya, kecuali anak tunggalnya saja pada saat itu. Ibrahim mengikuti Tuhan dg ketaatan lengkap, dan dia mengalami Suatu UJIAN dari Tuhan , bak anak SMA yg mendapat Ujian SNMPTN. Ayat 13 mengatakan kepada kita bagaimana Tuhan menyediakan, dan dalam ayat 14, Abraham menamai tempat itu dengan nama: Tuhan Akan Menyediakan. Dan sampai sekarang orang menyebutnya tempat itu, ‘Di atas gunung itu akan diberikan Tuhan’ .

Gunung Moria di kota Yerusalem.

Tempat itu dibangun beratus-ratus tahun kemudian oleh nabi Sulaiman yaitu Ka’bah Sulaiman. Bahasa Alkitabnya adalah Bait Suci Sulaiman. Lalu beratus-ratus tahun kemudian dibangun Dome of The Rock Mesjid bagi umat Muslim. Bait Suci Sulaiman adalah Ka’bah bagi umat Yudaisme Ibrahim. Gunung Moria dekat dg tempat penyaliban Yesus Kristus . Jadi yg seperti Anda lihat, tidak cuma untuk Ibrahim Tuhan Bapa menyediakan seekor anak domba, tetapi Tuhan juga melakukan itu untuk semua orang saat Dia memberikan Anak Domba -Nya : “Tuhan Yesus Kristus” untuk dikurbankan bagi dosa kita. Haleluya bahwa Tuhan Ayah mengambil inisiatif dan menyediakan jalan utk kita utk bersatu dengan Dia melalui Tuhan Putra.

Tuhan “melihat sebelum” kejadian akan terjadi , bahwa kebutuhan kita akan kurban penebus salah , ribuan tahun sebelum Yesus dari Nazaret. Dan memberikan hadiah terbesar dari semua yaitu akan kebutuhan kurban penebus salah dg diganti oleh Tuhan Anak domba. Tuhan SANGAT mencintai bumi ini , sehingga Dia telah MEMBERIKAN Anak-Nya yg esa, agar semua orang yg beriman kepada-Nya tidak binasa, namun mendapatkan hidup yg abadi- Yohanes 3:16.

“Tuhan, bagaimana saya menerima Engkau sebagai Yehuwa-Yirehku. Engkau telah memberikan semua yang saya butuhkan dalam Anak Domba-Mu. Saya menyembah dan memuji Engkau karena bagiku cukup bahwa Yesus Kristus sebagai Juruselamat saya. Betapa aku mencintai Engkau, Tuhanku; Penyedia saya “. (*)

By : Petrus anak Yohanes

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s