Belum Dapat Kerja Setelah Lulus? Buka Usaha Yuk!

JAKARTA – Belum dapat kerja setelah lulus kuliah memang bikin bete, sudah bosan berdiam di rumah, belum lagi tekanan dari orang tua yang kerap menanyakan entah sudah ada panggilan atau belum.

Sambil menunggu panggilan kerja, bagaimana jika kamu membuka usaha sendir? Usahanya kecil-kecilan saja, yang penting ada kegiatan yang kamu lakukan di rumah. Jenis usahanya bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan finasial dan kebutuhan yang kamu perlukan.

Namun, bagaimana cara memulai usaha dengan modal pas-pasan dan baru lulus seperti kamu? Jangan kuatir, berikut tips mengawali bisnismu yang dikutip Her Campus, Jumat (14/10/2011);

1. Tuliskan rencana bisnismu.
Kebanyakan orang yang berbisnis kadang kurang teliti dengan keadaan keuangan mereka, untuk itu, rencana bisnis diperlukan untuk melihat arah usahamu. Pada rencana bisnismu, sertakan apakah kamu menjual barang atau jasamu, siapa pembeli, dan cari tau apa yang pembeli mau.

2. Sebutkan nama binismu.
Berikan nama pada produkmu, perlu banget kamu menyertakan nama produkmu di rencana bisnismu. Jika kamu menginginkan namamu untuk nama produkmu, itu sah-sah. Hindari nama-nama yang terkesan kekanak-kanakkan dan aneh-aneh, sebab nama produkmu merupakan cerminan bisnismu.

3. Daftarkan jenis usahamu.
Jika kamu sudah tentukan nama produkmu, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mendaftarkan proposal bisnismu sesuai dengan tipe bisnis tertentu. Tidak perlu terlalu resmi, kamu bisa mendaftarkan rancana bisnis di mana saja seperti di website-website tertentu. Siapa tahu rencana bisnismu menarik dan dilirik investor.

4. Buat rekening.
Perlu banget kamu buka satu rekening untuk bisnismu. Jangan campur uangmu dengan arus uang usahamu, soalnya nanti akan lebih sulit mengkalkulasi segalanya. Kalau bisnismu masih kecil sih mungkin masih bisa ditangani, namun tidak menutup kemungkinan bisnismu akan berkembang dan uang yang masuk ke rekening lebih banyak.

5. Promosi.
Promosi merupakan langkah penting untuk usahamu, kamu bisa melakukan promosi dimanapun dan kapanpun, bisa melaui brosur, atau poster. Tapi kalau enggak mau repot, via online pun sudah cukup.

6. Puaskan pelangganmu.
Hal ini merupakan langkah krusial, sebagai pebisnis muda, kepuasan pelanggan adalah yang paling utama, usahakan yang paling baik untuk kepuasan mereka. Jika mereka merasa senang dengan pelayananmu, kamu tidak perlu repot-repot promosi, mereka akan dengan senang hati merekomendasikan bisnismu.

7. Puaskan dirimu.
Hidup harus seimbang, usaha yang kamu kerahkan perlu banget untuk kamu apresiasi. Jika aliran uang sudah kamu kalkulasi, tidak ada salahnya kamu memberi hadiah terhadap dirimu sendiri dari sebagian keuntunganmu.
(rhs)

Source : kampus.okezone.com
 

Belum, Dapat, Kerja, Setelah, Lulus, Buka, Usaha , karir, kiat

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s